Membantu dalam pembuatan dan perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Jasa Gambar Autocad 2D (Gambar Kerja Kelengkapan IMB)
Agustus 24, 2019

Membantu dalam pembuatan dan perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Jika sudah masuk ke dalam dunia pengadaan pasti kita tidak asing lagi dengan yang namanya RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa itu RAB? RAB adalah Suatu acuan atau metode penyajian rencana biaya yang harus dikeluarkan dari awal dimulainya pekerjaan  hingga pekerjaan tersebut selesai dikerjakan. Rencana biaya harus mencakup dari keseluruhan kebutuhan pekerjaan tersebut, baik itu biaya material atau bahan yang diperlukan, biaya alat (Sewa atau beli), Upah Pekerja, dan biaya lainnya yang diperlukan.

Dalam pelaksanaan proyek pemerintah maupun swasta seringkali dibutuhkan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) agar diperoleh estimasi biaya total yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Tanpa adanya RAB, sangat mungkin terjadi pembengkakan biaya dikarenakan pembelian bahan bangunan yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan, upah pekerja yang tidak terkontrol, pengadaan peralatan yang tidak tepat, dan berbagai dampak negatif lainnya. Tidak mau kan hal itu terjadi? Maka membuat RAB merupakan solusi yang terbaik.

Rincian yang harus ada dalam pembuatan RAB

Idealnya dalam pembuatan RAB, ada beberapa rincian yang dimasukkan ke dalam tabel. Namun rincian ini pun tak harus Anda masukkan semuanya ke dalam RAB, tergantung dari jenis perhitungan yang sesuai dengan proyek Anda. Berikut komponen untuk menghitung RAB:

  1. Uraian pekerjaan yang dibagi berdasarkan jenis pekerjaan. Contoh: pekerjaan persiapan, galian, dan urugan dan pekerjaan pondasi beton. Setiap bagian uraian pekerjaan memiliki rincian pekerjaan lainnya yang lebih detail.
  2. Volume pekerjaan yang memiliki arti satuan yang digunakan untuk pengukuran suatu objek. Volume pekerjaan umumnya dapat dihitung dalam satuan meter persegi (m2), meter kubik (m3), titik, atau unit.
  3. Satuan unit dari pekerjaan atau bahan bangunan. Contoh: m1, m2, m3, unit, atau titik.
  4. Harga satuan pekerjaan yang dapat dipisah menjadi dua bagian, harga jasa atau harga jasa berikut materialnya. Setelah mengetahui volume pekerjaan, Anda tinggal mengalikannya dengan harga satuan pekerjaan.
  5. Total atau jumlah harga yang didapatkan dari penjumlahan total upah dengan total material atau perkalian volume dengan total upah.

Menyusun RAB memang susah-susah gampang. Dikatakan gampang karena hanya perkalian antara volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan. Dikatakan susah karena ada jenis pekerjaan (misal konstruksi) yang mengharuskan untuk mendaftar item pekerjaan/sub jenis pekerjaan untuk disertakan di dalam RAB. Oleh karena itu, dalam pembuatan RAB diperlukan ketelitian dalam pembuatannya.

Berikut gambaran umum dalam pembuatan RAB :

  1. Mempersiapkan Gambar Kerja Detail (DED).
  2. Menghitung volume pekerjaan.
  3. Membuat dan Menentukan Harga Satuan Pekerjaan.
  4. Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan.
  5. Menghitung Keseluruhan Jumlah Total Masing-masing Sub Pekerjaan.

Anda tidak usah bingung untuk membuat perhitungan RAB ini karena kami WK Konstruksi siap membantu dalam pembuatan dan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Kami sudah berpengalaman dibidang Jasa Konstruksi Bangunan Surabaya sehingga kami sudah paham betul mengenai pembuatan perhitungan RAB ini.

Dapatkan harga murah dengan hasil yang memusakan bersama Kami CV. WIDYAATMAJA KARYA KONSTRUKSI. Segera hubungi Kami untuk cek harga maupun konsultasi seputar layanan Kami dengan menghungi kontak yang tertera di bawah ini :

: JL Mojoarum 4 no.24, Surabaya Jawa Timur
: 081252097791
: 081252097791
: wkksurabaya@gmail.com

CALL